Alat Pemadam Api Otomatis Thermatic

Alat Pemadam Api Otomatis Thermatic, apa dan bagaimana cara kerjanya?

Alat Pemadam Api Otomatis Thermatic

Mengenal Alat Pemadam Api Otomatis Thermatic

Sebenarnya alat pemadam api otomatis thermatic ini merupakan sebuah system untuk memadamkan api yang bekerja dengan cara otomatis saat terjadi kebakaran. Alat ini dilengkapi dengan sebuah sensor panas yang berguna untuk menangkap adanya kenaikan suhu yang terjadi di dalam ruangan, saat terjadi kebakaran. Jadi, ketika suhu dalam ruangan yang diberikan alat pemadam ini telah mencapai pada suhu tertentu, secara otomatis nanti alat ini akan menyemburkan media pemadam melalui ujung sprinkler.

Alat pemadam api otomatis thermatic ini pada dasarnya menggunakan gas kimia yang berupa cair. Dimana alat ini akan bekerja secara otomatis. Karena sistemnya sudah menggunakan head sprinkler, dengan temperature 57° Celsius sampai dengan 93° Celsius.

Cara Kerja Alat Pemadam Api Otomatis Thermatic

Cara kerja alat ini adalah, ketika suhu dalam glass sprinkler telah mencapai pada suhu yang telah ditentukan, maka secara otomatis nanti glass sprinkler yang berguna menjadi katup penahan tekanan akan secara otomatis menyemburkan gas cair untuk memadamkan api.

Aplikasi Tabung Alat Thermatic

Untuk aplikasinya, alat ini biasanya dipakai di ruang server, ruang control, ruang computer, pusat unutk proses data, kilang minyak, gardu induk untuk pembangkit listrik, warehouse, dan pabrik.

Keunggulan Alat Pemadam Api Otomatis Thermatic

Beberapa fasilitas yang ada pada alat pemadam api otomatis thermatic ini meliputi:

  1. Ada clean agent halotron, halon free, AF11, NAC untuk memadamkan api.
  2. Bisa dipakai untuk ruang server, ruang computer, peralatan telekomunikasi, panel listrik, bandara, laboratorium, dan di pabrik.
  3. Tidak akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada thermal shock.
  4. Lengkap dengan indicator tekanan yang lebih jelas.
  5. Bagian epoxy silinder dilapisi dengan fosfat pada bagian bawahnya, yang berguna untuk perlindungan terhadap terjadinya korosi.
  6. Lengkap dengan braket atau penyangga langit – langit.
  7. Efektif digunakan untuk semua jenis kebakaran.
  8. Rechargeable
  9. Memiliki system penyemprotan dan system pengairan yang cukup baik.
  10. Memiliki banyak ukuran, yang dimulai dari ukuran 2 kg, 3 kg, 5 kg, dan sampai 7 kg.

Untuk spesifikasi lengkap dari alat pemadam api otomatis thermatic ini meliputi di bawah ini:

  • Stored pressure type
  • Alat pemadam medium, berisi halotron TM Properllant / HFC227.
  • Test pressure mencapai 22.5 bar.
  • Operasi suhu mencapai 68º C.
  • Memiliki jarak aman sepanjang 2 m.
  • Berisfat portable, sehingga mudah untuk dipindahkan.
  • Memiliki kapasitas 2 kg sampai dengan 5 kg.
  • Memiliki working pressure sebesar 8.63 bar.

Nah, itulah beberapa ulasan terkait dengan alat pemadam api otomatis thermatic yang bisa Anda jadikan sebagai sumber referensi terbaik Anda ketika Anda sedang mencari alat pemadam api yang otomatis di ruangan Anda. Dengan memahami beberapa hal di atas, diharapkan bisa membuat Anda bisa lebih mudah dalam mempelajari terkait dengan alat – alat untuk memadamkan api yang bekerja secara otomatis.

Dengan begitu, kini Anda bisa membandingkan di antara penggunaan alat pemadam api yang otoamtis dengan yang manual. Karena meskipun keduanya berbeda, namun sebenarnya keduanya memiliki fungsi dan tugas yang sama. Hanya saja untuk alat yang digunakan secara otomatis ini tidak diharuskan meminta penggunanya untuk melakukan pemadaman saat terjadi kebakaran. Karena semuanya dilakukan secara otomatis. Sehingga penggunaannya pun terbilang jauh lebih mudah.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt