5 Hal yang harus diketahui jika memiliki Alat Pemadam Api

5 Hal yang harus diketahui jika memiliki Alat Pemadam Api

5 Hal yang harus diketahui jika memiliki Alat Pemadam Api.
Alat pemadam api adalah alat yang sangat penting untuk keselamatan kebakaran. memiliki alat pemadam api artinya harus bertanggung jawab tidak hanya menjaga dan merawat, namun harus mengetahui beberapa hal seperti jenis media, penggunaan, klasifikasi kebakaran, dan lainnya agar Alat pemadam api dapat berfungsi secara maksimal saat digunakan. penggunaan Alat Pemadam Api secara efektif tidak hanya akan menyelamatkan aset yang dimiliki, bahkan nyawa pun bisa tertolong jika alat pemadam yang digunakan dalam kondisi sempurna, dan betul cara penggunaannya. tidak hanya terdapat pada bangunan komersial saja, kini alat pemadam api juga secara perlahan dan konsisten digunakan untuk rumah-rumah pribadi karena kesadaran akan keselamatan kebakaran oleh masyarakat yang mulai tumbuh. beberapa point yang harus diketahui jika memiliki Alat Pemadam Api antara lain:

5 Hal yang harus diketahui jika memiliki Alat Pemadam Api

Tipe Pemadam Kebakaran

Beberapa orang mungkin percaya bahwa semua alat pemadam kebakaran adalah sama dan semuanya layak digunakan untuk memadamkan semua jenis kebakaran, sebenarnya hal itu tidak benar. Beberapa alat pemadam diisi dengan air foam bertekanan sementara yang lain diisi dengan karbon dioksida, serbuk kimia kering, atau halotron. Setiap pemadam api diberi label dengan klasifikasi, yang menjelaskan jenis kebakaran yang harus digunakan untuk mengontrol. Misalnya, ada jenis pemadam khusus yang harus digunakan untuk kebakaran benda padat, kebakaran listrik, kebakaran minyak, cairan yang mudah terbakar, dan bahkan logam yang mudah terbakar. Pastikan bahwa jenis alat pemadam yang Anda miliki sesuai untuk resiko kebakaran di lokasi tersebut.

Inspeksi dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api

Alat pemadam kebakaran dibangun agar kuat dan tahan lama. Namun, alat ini memang membutuhkan perawatan dan pemeriksaan rutin untuk memastikan bahwa APAR akan beroperasi dengan baik ketika Anda membutuhkannya. Jika Anda baru saja menjatuhkannya atau Anda melihat ada penyok atau karat, faktor-faktor itu dapat mengganggu cara kerjanya. Setiap jenis alat pemadam harus diperiksa setidaknya setahun dua sekali. Mintalah layanan perlindungan kebakaran profesional untuk melakukan pemeliharaan dan pemeriksaan untuk memastikan bahwa pemeriksaan telah dilakukan secara menyeluruh. Selain itu, setiap lima hingga enam tahun, alat pemadam kebakaran harus menjalani hydrotest total untuk memastikan bahwa semua komponen dalam kondisi ideal dan tabung masih kuat untuk digunakan.

Isi Ulang dan Penggantian Alat Pemadam Api

Setelah alat pemadam kebakaran habis, ada lebih banyak hal yang harus dilakukan daripada mengembalikannya ke posisinya saat Anda membutuhkannya nanti. Setelah alat pemadam habis, Anda harus mengisinya kembali. Tekanan dalam sistem mungkin sudah habis, padahal yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa Alat Pemadam itu sepenuhnya bertekanan setiap saat. untuk hal ini, Anda bisa menghubungi vendor-vendor yang terpercaya untuk melakukan refill dan service alat pemadam api.

Cara Penggunaan Alat Pemadam Api

Pada setiap alat pemadam api, sebenarnya sudah ada cara penggunaan yang tertempel. namun ada kalanya, jika keadaan sudah panik. step-step yang seharusnya dilakukan tidak dilakukan secara berurutan, akibatnya media tidak bisa keluar secara maksimal untuk memadamkan api. hal ini justru akan memperparah keadaan. urutan penggunaan Alat pemadam api yakni : Cabut pin pengaman, Arahkan nozzle ke titik api, tekan tuas untuk mengeluarkan media, sapukan secara menyeluruh sampai api padam.

cara penggunaaan alat pemadam api

Waktu Kadaluarsa Media

Mengetahui kapan kadaluarsa media alat pemadam api akan lebih memudahkan dalam menentukan waktu kapan harus mengisi ulang media. karena jika alat pemadam api kadaluarsa dan tetap dipaksakan dipakai, maka bisa berpotensi media tersebut tidak efektif untuk pemadaman. (misalnya : powder menggumpal) bahkan kini, pemilik alat pemadam api tidak perlu susah-susah untuk mengingat kapan waktu kadaluarsa alat pemadam api yang dimiliki. karena kini ada aplikasi yang akan memberikan notifikasi minimal 1 bulan sebelum waktu kadaluarsa yang dikirimkan ke smartphone pemiliki APAR. aplikasi tersebut bernama Firecek yang bisa dibaca fitur-fitur lengkapnya pada website resmi firecek.com

5 Hal yang harus diketahui jika memiliki Alat Pemadam Api

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

Ada yang bisa kami bantu?

Not readable? Change text. captcha txt